Jumat, 17 Desember 2010

Memelihara Persaudaraan dan Kekerabatan

Pertanyaan :
Dahulu, seingat saya ayah dan ibu mempunyai hubungan yang sangat baik dengan saudara-saudara sepupunya. Juga dengan sanak famili. Begitu juga dengan orang-orang sekampung.
Almarhum Ayah dan ibu berpindah ke Jakarta semenjak tahun 1955. Kemudian adik-adik ayah dan beberapa saudara sepupunya pindah pula ke Jakarta. Hubungan antara ayah dengan adik-adiknya, juga dengan saudara sepupunya begitu baiknya. Mereka dengan tidak dibuat-buat satu sama lain saling mencintai dan saling menyayangi. Begitu juga dengan orang-orang sekampungnya.
Seingat saya ada saudara sepupu ayah yang nakal, suka mencuri dan mencari keributan dan tinggal dirumah kami. Saya sampai sebal dibuatnya. Tetapi ayah dan ibu menghadapinya dengan sabar. Padahal kalau menurut saya orang seperti itu diusir saja dari rumah. Karena selalu membikin keributan dan keonaran.
Tapi ayah dan ibu menghadapinya dengan lemah lembut dan memberi penyadaran kepadanya dengan sabar, sehingga akhirnya saudara sepupu ayati itu tumbuh menjadi seorang ustadz yang cukup terpandang di jakarta ini. Kalau mengingat kelakuan masa mudanya waktu tinggal dirumah kami, rasanya mustahil dia akan jadi orang baik. Apalagi sampai menjadi ustadz.
Dimasa saya tua sekarang (sudah 7 tahun pensiun) saya amati kehidupan anak-anak dan para keponakan jauh sekali berbeda. Mereka saling tidak peduli. Kadang-kadang seperti tidak saling kenal. Dengan enteng saja meremehkan dan meleceh saudaranya. Jangankan dengan orang-orang sekampung dan para tetangga, dengan sa’udara sepupu saja mereka jauh. Dan ada pula dengan saudara kandung bertengkar. saling tidak bertegur sapa dan tidak bermaaf-maafan dikala iedul fitri.
Saya merasa, saya dan generasi saya (saudara-saudara saya sepupu) sepertinya gagal dalam menciptakan kehidupan yang saling sayang menyayangi dan saling mencintai. Inilah yang sekarang saya rasakan sebagai dampak yang buruk terhadap kehidupan moderen di kota besar Jakarta ini.
Tidak tahu apakah saya terlalu sentimental, ataukah itu merupakan penyakit orang tua yang selalu melihat kebelakang, ke masa lalu, dan sepertinya masa lalu itu begitu baik dan begitu indah. Padahal sayapun maklum bahwa masa lalu itu tidaklah sebaik dan seindah yang saya paparkan diatas.
Tapi, menurut perasaan saya yang mungkin sekali sangat subyektif, rasanya perasaan saling cinta dan saling menyayangi sesama saudara, sesama kerabat dan sanak famili, juga dengan orang sekampung dan masyarakat pada umumnya. merupakan nilai-nitai yang perlu dibina dan dilestarikan (aduh maaf, ustadz masuk juga istilah penataran P4. maklum saja mantan manggala).
Kiranya buletin dakwah Al-Huda memberi perhatian juga tentang masalah tersebut. disampmg masalah-masalah kenegaraan dan kebangsaan, karena hal tersebut juga mempengaruhi atmosfir kehidupan masyarakat dimasa kini dan dimasa depan. baik masyarakat muslim, maupun dalam pergaulan hasional sebangsa dan setanah air.
Jawaban :
Apa yang saudara penanya kemukakan merupakan bagian penting dari ajaran agama Islam, yaitu menyangkut hal “muamalah”. Di dalam kitab-kitab fiqih hal tersebut disebut “fiqih muamalah”
Fiqih muamalah itu secara garis besar-nya terbagi dua, yaitu hal-hal yang bersangkutan dengan hukum dan norma-norma. Yang keduanya hal-hal yang bersangkutan dengan adab dan akhlak.
Apa yang saudara penanya paparkan adalah bagian dari adab dan akhlak bermuamalah.
Hubungan kekerabatan adalah hu-bungan yang disebabkan oleh pertalian darah, baik melalui jalur ayah, maupun melalui jalur ibu. Kerabat dekat itu adalah saudara-saudara ayah dan saudara-saudara ibu. Kemudian saudara-saudara ka-kek dan saudara-saudara nenek. Lebih |auh dan itu lagi disebut sanak famili, yang mungkin saja bertemu juga nasabnya (silsilah kekerabatannya) dengan nasab kita pada generasi kelima atau generasi keenam diatas kita.
Rasa sayang menyangi dan saling mencinta antara sesama kerabat merupakan satu dari berbagai fitrah yang diberikan Allah SWT kepada setiap manusia Artinya semenjak kelahirannya, seorang manusia sudah diberi oleh Allah rasa menyangi dan rasa mencintai terhadap orang-orang dekatnya. Terhadap ayah ibunya. Terkadap kakek neneknya. Terhadap saudara-saudaranya. Terhadap paman dan bibinya dan anak-anak mereka.
Karena rasa sayang menyayangi dan salmg cinta itu sudah merupakan fitrah sudah ada dalam diri setiap manusia, maka sebenarnya tidaklah susah untuk memelihara dan merawatnya. Sehingga sesuatu yang fitrah yang baru merupakan “potensi baik” itu tumbuh dan berkembang dalam kehidupan nyata.
Untuk itu … datanglah ajaran agama memberikan bimbingan. Baiknya hubungan kekerabatan itu digambarkan oleh Rasulullah SAW sebagai pembawa berkah, memberikan rezeki dan memanjangkan umur. Di dalam sahih Imam Bukhari diberitakan: “sahabat Rasulullah SAW yang bernama Zaid Al Anshari berkata - Beritahukanlah aku kepada amal yang akan memasukkan aku ke dalam surga - Rasulullah SAW menjawab - Sembahlah Allah dan jangan menyekutukan Dia dengan sesuatu. Dirikanlah shalat. Bayarkanlah zakat. Dan hubungkanlah (peliharalah) silaturrahmi “.
Jadi, jalan yang pertama untuk membina sayang menyangi kekerabatan itu adalah dengan silaturrahmi. Dengan saling kunjung mengunjungi. Bukan hanya dikunjungi, tapi tidak mau mengunjungi. Dengan saling kunjung mengunjungi datanglah saling hormat menghormati.
Keduanya, menutupi kejelekan mereka. Firman Allah SWT: “Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar (berita) yang amat keji itu tersiar dikalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan diakhirat…” (Surat 24/An Niuur, ayat 19).
Ketiga, memberikan bantuan apabila kerabat itu sedang memerlukan pertolongan. Firman Allah SWT : “Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya…..” (Surat 65/Ath Thalaaq, ayat7).
Itulah beberapa bagian penting dalam hal membina sayang menyangi dan saling cinta sesama kerabat. Ada hal-hal yang harus diketahui. Dan ada hal-hal yang harus dikerjakan (diamalkan). Bukan hanya sekadar tahu saja. Tapi dipraktekkan.

0 komentar:

Posting Komentar

S3k3DaR PeN93taHuaN

Berapa umur wanita merasa paling cantik dalam hidupnya? sebuah survei menyebutkan wanita merasa paling cantik saat usianya mencapai 32 tahun.
Survei perusahaan air mineral yang menjaring 1.500 wanita via dalam jaringan menyebutkan hampir 40 persen wanita menyatakan mereka merasa paling menarik saat mencapai usia 32 tahun. Di antara selebriti yang mengaku kecantikannya paling berkilau saat 32 tahun antara lain Sarah Michelle Gellar, Sophie Dahl dan Liv Tyler.
Pada umur 32 tahun, para wanita memiliki rasa percaya diri dari pengalaman hidup, kehidupan cinta, serta menjaga pola makan sehat.
Sandra Wheatley, seorang psikolog, seperti yang telah dikutip dari Daily Mail mengatakan temuan survei menunjukkan bahwa di usia ini wanita memiliki prestasi serta terlihat muda.
"Bagi saya, rasa percaya diri wanita sangat dipengaruhi kepribadian wanita itu sendiri. Rasa percaya diri timbul sebagai tanda bahwa kita dihargai karena kemampuan bukan hanya penampilan saja," ungkapnya.
Kecantikan, menurut Wheatley, berkaitan dengan kepercayaan dan pengalaman hidup. Pada usia 32 tahun, seorang wanita telah melewati dan memiliki lebih banyak pengalaman hidup dari pada saat berusia muda.
"Wanita bisa juga menjadi musuh terburuk diri mereka sendiri dengan saling mengkritik berat dan keriput di wajah. Tapi, temuan terbaru menemukan, kecantikan lebih dari sekedar kulit luarnya saja."

tips buat jadi muslimah gaul


Setelah sempat dilecehkan, akhirnya busana muslimah diterima di tengah masyarakat kita. Bahkan busana jenis ini, kemudian menjadi trend yang terus berkembang. Tidak lagi sulit menemukan wanita yang mengenakan busana muslimah lengkap dengan kerudung yang menutupi auratnya. Beragam mode, corak dan warna busana muslimah begitu indah dipandang mata. Berbagai pasar dan pusat perbelanjaan yang merupakan mata rantai dari busana jenis ini, juga menyediakan keleluasaan memilih bagi para muslimah, dengan begitu banyak mode yang mereka tawarkan.

Aneka pilihan busana muslimah membuka jalan bagi para muslimah untuk tampil lebih gaya. Tentunya bukan gaya yang berlebihan dan berkonotasi negatif.Namun, langkah seorang muslim dan muslimah harus seiring sejalan dengan tuntunan al Qur'an dan hadist yang sangat mulia. Jadi tidak sekedar tampil gaya, kita pun harus memperhatikan busana dan cara berbusana seperti yang diajarkan dalam Islam.

Untuk itu, yang perlu diperhatikan dalam berbusana muslimah adalah:

1. Menutupi seluruh tubuh, selain yang dikecualikan.
Pendapat ulama yang paling kuat tentang bagian tubuh yang dikecualikan dan boleh terlihat adalah muka dan telapak tangan.

2. Memakai kerudung sampai dada Ketentuan ini merujuk pada al Qur'an surat An Nuur ayat 31, "Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung hingga ke dadanya." Ketentuan ini juga ada pada surat al Ahzab ayat 59, "Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri orang-orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka keseluruh tubuh."

Dengan demikian kriteria kerudung yang sesuai dengan ayat-ayat di atas adalah yang menutup rambut, leher sampai ke dada. Bukan yang hanya menutup rambut atau sampai leher saja.

3. Tidak tipis sehingga terlihat kulit dan bayangan tubuh dibaliknya.
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah pernah memberi Usamah bin Zaid Qubthiyyah (pakaian dari katun yang tipis) yang kasar. Tetapi Usamah tidak memakai dan ia memberikan pada istrinya. Nabi SAW bersabda, "Suruhlah ia memakai rangkapan (puring) didalamnya, agar tidak terlihat lekuk-lekuk tulangnya."

4. Tidak ketat sehingga tergambar jelas bentuk tubuhnya.
Busana ketat walau tidak tipis akan memperlihatkan lekuk tubuh wanita, misalnya bentuk pinggul, dada, bokong dan sebagainya. Meskipun berpakaian dan menutup rambut, sebenarnya ia tetap saja telanjang. Busana mode ini akan lebih membangkitkan syahwat dan mengundang fitnah. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan wanita yang mengenakan busana seperti ini kelak tidak akan masuk surga bahkan mencium bau surga pun tidak bisa.

5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki ,yang dimaksud adalah larangan menyerupai laki-laki secara keseluruhan. Bukan hanya kesamaan dalam satu potongan pakaian saja misalnya celana panjang yang bisa dikenakan oleh pria atau wanita. Agar tidak membentuk tubuh, sebaiknya celana tersebut berpipa lebar dilengkapai dengan stelan baju yang agak panjang.

6. Tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir Masih menurut Abu Syuqqah, prinsip nomor 5 di atas juga bisa dipakai. Yang terlarang adalah menyerupai secara keseluruhan, misalnya busana muslimah yang menyerupai biarawati.

7. Tidak dimaksudkan untuk pamer atau menarik perhatian laki-laki.
Wangi parfum yang berlebihan dan gaya berjalan yang dibuat-buat dapat menarik perhatian laki-laki dan bisa menimbulkan fantasi seronok. Karenanya harus dihindari, agar tujuan memakai busana muslimah untuk melindungi muslimah itu sendiri. Prinsip kesederhanaannya tercakup disini, maksudnya harus dihindari gaya busana dan hiasan yang berlebihan supaya tidak menarik perhatian yang tidak semestinya.

Wahai ukhtiku yang dirahmati Allah, marilah kita memperbaiki penampilan diri kita, menjadi wanita muslimah yang selalu diridhai Allah karena pakaian takwa adaalah pakaian yang sempurna, Let's go menjadi bidadari dunia yang dapat membuat bidadari syurga cemburu. Segerakan untuk merubah pakaian jahiliyah yang selama ini kita banggakan karena tahukah kita bahwa pada waktu Rasulullah Saw melaksanakan isra' mi'raj pada waktu beliau melewati neraka kebanyakan didalamnya adalah"Wanita yang berpakaian tapi telanjang" Na'uzubillahi mindzalik, semoga Allah selalu melindungi kita ukhtiku, dan wanita yang memakai pakaian yang takwa tidak akan dijilat tubuhnya oleh api neraka yang sangat....100Mx panasnya

MuSliMaH 9aUL daN CaNtIk

MuSliMaH 9aUL daN CaNtIk

9!La" aN

9!La" aN

lebran tahun ini... menurutQ gag bgtu rame..
coz aQ gag bsa ktemu sma smwa swdaraQ. ea walaupun kita ada acra ngumpul-ngumpul breng kluarga tapi tetep ajach sepi.
udah gtu gag bisa ktemu ma tmen" lama lagi..

tapi.. aQ da cukup puaz.. coz aQ ktmu swdara ang sblumnya blum prnah aQ knal.. selain ntu, angpaow eang aQ da[etin jga lumayan bnyak..

ea mnrutQ cma tu ja eang bsa buwadt aQ seneng.. eang lain.. bysa ja..

oh ea.. pgen tw fto”Q pas ngumpul bareng adek”Q…

ni lihadt selengkapnya ..

Mengenai Saya

Foto saya
malang, jawa timur, Indonesia
gag banyak kok yang perlu kalian kenal daria ku.. aku orangnya byasa ja ce.. cma agak sedikit leby hehehehhehehe.. aq suka bnget jahilin orang .. so, hati" kalau kalian deket ma aq.. pa lagi yaw.. kayage da dulu deh.. dadadadadada..
 

MusLiMaH GaUL Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon